700 Ribu Warga Depok Ternyata Belum Pegang e-KTP

700 Ribu Warga Depok Ternyata Belum Pegang e-KTP

HarianDepok.com – Berita , Hampir satu tahun sudah pendistribusian KTP elektronik (e-KTP) di Depok tidak berjalan. Hal ini disebabkan pencetakan data di e-KTP warga Depok yang sudah dikirim ke pusat tersendat. Akibatnya, sekitar 700 ribu penduduk Depok yang wajib memiliki e-KTP belum juga memegangnya.

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Eppy Yanti mengakui bahwa pengiriman e-KTP yang dicetak oleh pusat dilakukan pada bulan Desember 2013.

“Distribusi vakum sejak Desember kemarin, terdapat sekitar 200 orang yang sudah tercatat belum menerima e-KTP,” katanya saat ditemui di kantornya/

Eppi menjelaskan warga Depok yang wajib memiliki e-KTP sebanyak 1,5 juta orang dari 2 juta penduduk Depok.

Proses pencetakan e-KTP dari pusat itu yang membuat mereka tak bisa melakukan apa-apa. Di sisi lain, orang-orang yang merasa telah merekam selalu menyalahkan pemerintah kota Depok. Eppy mengakui memang sering mendapat pernyataan pedas dari warga Depok.

“Mereka malah mengatakan kami ini tak ada kerjanya,” ucapnya.

Eppy menilai dari pemerintah pusat tak konsisten dalam mengambil kebijakan. Sebab, pusat mengatakan bahwa awal September pencetakan akan diserahkan ke kabupaten masing-masing.

Eppy juga berharap warga Depok bisa bersabar sebentar, karena tak adanya e-KTP tak akan mengganggu pelayanan pemerintahan. Kecuali pemerintah pusat menepati janji kalau Januari 2015 harus memakan e-KTP semua.

“Sekarang masih bisa memakai KTP yang lama kok,” ujarnya kepada para awak media.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)