Rugikan Negara, Anas Cuma di Penjara 8 Tahun Saja

Rugikan Negara, Anas Cuma di Penjara 8 Tahun Saja

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pengadilan Tipikor Jakarta telah menghukum Anas Urbaningrum pada Rabu (24/9), delapan tahun penjara dan denda Rp. 300 juta. Panel pengadilan hakim memutuskan bahwa Anas terbukti melakukan korupsi dan pencucian uang.

Awalnya, jaksa meminta 15 tahun penjara dan denda Rp. 500 juta untuk Anas. Jaksa juga memaksa Anas untuk membayar US $ 5.261.070 sebagai kompensasi kepada kerugian negara, di samping pemindahannya hak politiknya.

Jaksa juga menuduh Anas melakukan pencucian uang yang diduga dikumpulkan dari gratifikasi dengan menghabiskannya untuk membeli sebuah rumah di Jalan Teluk Semangka dan Jalan Selat Makassar, Jakarta Timur. Kedua rumah terdaftar atas nama Anas dan ayahnya dalam hukum.

Tersangka kasus korupsi Hambalang ini, menghindari pertanyaan pers ‘ketika ditanya lebih jauh soal pernyataannya digantung di Monumen Nasional (Monas).

Sebelumnya, kembali pada tahun 2012, Anas mengatakan bahwa ia siap untuk digantung di Monas jika terbukti korupsi.

“Siapa yang bilang begitu? Pada pengadilan, tidak ada bukti bahwa saya terlibat dalam Hambalang,” katanya.

“Saya yakin. Jika saya korup bahkan Rp. 1, gantung saya di Monas,” kata Anas saat itu, ketika ia masih menjabat sebagai Ketua Partai Demokrat.

Saat pengadilan bersiap untuk membacakan putusan, Anas menolak untuk mengatakan apakah ia akan mengajukan banding atau menerima putusan.

“Saya tidak punya kalimat lain. Intinya adalah, sebuah peradilan yang adil berdasarkan fakta, kita akan lihat,” katanya.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok