1023 Pelaku Sindikat Kejahatan Berhasil Ditangkap di Operasi Archimedes

1023 Pelaku Sindikat Kejahatan Berhasil Ditangkap di Operasi Archimedes

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Sebuah operasi gabungan skala besar oleh Europol pada bulan September telah menyebabkan penangkapan dari 1.027 orang yang terlibat dalam kejahatan terorganisir, termasuk manusia dan perdagangan narkoba, kata organisasi penegak hukum pan-Eropa yang berbasis di Den Haag, Belanda kemarin.

Aparat penegak hukum dari 34 negara terlibat dalam operasi, yang Europol juluki sebagai operasi yang terbesar dan paling terkoordinasi terhadap sindikat kejahatan terorganisir dalam sejarah Uni Eropa (UE).

Europol dibantu dengan aparat penegak hukum dari Australia, Kolombia, Norwegia, Serbia, Switzerlandand dam Amerika Serikat.

Sejumlah penyelidikan dan penggerebekan yang diluncurkan antara September 15-23 di ratusan lokasi, termasuk bandara, pelabuhan, perbatasan dan pasar gelap yang dikenal di sejumlah kota besar di tanah Eropa.

599 kilogram kokain, 200 kilogram heroin, dan 1,3 ton ganja disita selama operasi. 30 anak-anak Roma dibawa ke tempat yang aman dari tangan para pedagang manusia.

“Operasi Archimedes adalah tonggak sejarah dalam upaya oleh komunitas penegak hukum untuk memberikan tindakan bersama terhadap sindikat kejahatan terorganisir di Eropa,” kata Direktur Europol Rob Wainwright pada konferensi pers.

“Operasi ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam hal ukuran dan hasil – dengan lebih dari 1.000 penangkapan yang dilakukan di seluruh Eropa, pengingat bagi para penjahat yang lembaga penegak hukum internasional berkomitmen untuk memerangi kegiatan kriminal,” kata Wainwright.

MuhammadKhotib/HD]

Tags: