Pemkot Depok Amankan Produk-produk Tak Ber-SNI Dari Carrefour

Pemkot Depok Amankan Produk-produk Tak Ber-SNI Dari Carrefour

HarianDepok.com – Berita , Sebuah supermarket di kawasan Depok, Carrefour, telah menjual mainan serta produk yang tidak memiliki izin SNI. Selain itu kemasan dari sejumlah makanan ditemukan penyok dan rusak. Barang temuan tersebut kini diamankan tim gabungan Pemkot Depok dengan LPKSM saat merazia pusat perbelanjaan asal Perancis tersebut, Kamis (25/9)

Petugas Pengawas Barang dan Jasa, Rini Susilayanti mengatakan temuan tersebut menunjukan masih belum mematuhi kebijakan penerapan produk atau barang ber-SNI.

Temuan itu, mulai dari produk yang penyok bahkan rusak, buah yang sudah busuk, produk plastik tak berlebel, dan masih banyak yang lainnya.

“Sebenarnya kami masih member tolernasi satu tahun, 11 Oktober 2014 sampai 11 Oktober 2014,” katanya di sela-sela kesibukan inspeksi mendadaka ke swalayan tersebut.

Instansinya dengan Dinas Pertanian Peternakan, Bagian Ekonomi Bapedda, Polresta Depok, serta Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat yang melakukan razia tersebut memang sudah direncanakan sejak awal.

Alhasil, temuan barang tak ber-SNI ditemukan pada produk seperti mainan anak, boneka dan lain-lain. Juga ada produk plastik yang tidak berlabel.

“Kami memang tak menyita barang-barang tersebut, melainkan mengamankannya di Desperindag dan meminta keterangan dari sang penjual,” ucap Rini.

“Kami minta agar Carrefour agar memperbarui izinnya. Ini sesuai dengan aturan Menteri Perdagangan no 22/M/Dag/Per/5/2010. Memang kalau izin pengusaha itu susah mengurusnya, padahal kami juga ada pemutihan,” tegasnya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)