UNCHR Beri Bantuan Kepada Pengungsi Suriah

UNCHR Beri Bantuan Kepada Pengungsi Suriah

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Salah satu Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) telah berjanji mengirim lebih banyak bantuan untuk membantu 130.000 pengungsi Suriah yang telah memasuki negara itu sejak Jumat lalu.

“Pemerintah Turki dan UNHCR menguatkan untuk kemungkinan masuknya pengungsi lainnya dalam beberapa hari, sebagai dampak dari inseden kekerasan di kota Kobani, di utara Suriah,” kata Stephane Dujarric, juru bicara PBB saat briefing harian di Markas Besar PBB di New York.

“Pemerintah Turki mempercepat pembangunan dua kamp pengungsi dengan bantuan UNHCR, dalam rangka memberikan perlindungan bagi pengungsi yang belum ditemukan oleh keluarga mereka,” kata Dujarric.

Sepanjang konflik di Suriah, kota Kobani telah relatif aman dan sebanyak 200.000 pengungsi Suriah telah berusaha mencari perlindungan di kota Suriah utara.

Namun, dengan pengepungan terbaru oleh pasukan Negara Islam (IS), banyak warga terutama minoritas Kurdi yang membentuk mayoritas penduduk di daerah tersebut telah dipaksa keluar dari rumah mereka untuk mencari perlindungan di negara tetangga Turki.

Pada awal masuknya tersebut, UNHCR mengirimkan bantuan yang terdiri dari 20.000 selimut, tikar 10.000, 5.000 jerigen air bersih dan 2.000 sheetings plastik. Badan pengungsi PBB juga megerahkan pusat pendaftaran pengungsi secara lengkap, dan staf ditugaskan di enam perlintasan perbatasan untuk membantu memantau pengungsi yang masuk dan mengidentifikasi setiap orang yang masuk, terutama anak-anak dan orang tua.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: