Menteri Pertama Skotlandia Resmi Undurkan Diri

Menteri Pertama Skotlandia Resmi Undurkan Diri

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Pendukung setia gerakan kemerdekaan Skotlandia dan Menteri Pertama Skotlandia akan mengundurkan diri dari jabatannya, menyusul keputusan negara untuk tetap dalam persatuan dengan Inggris (UK).

Pekan lalu, 55 persen warga Skotlandia memenuhi jawaban ‘Tidak’ untuk pertanyaan “Haruskah Skotlandia menjadi negara merdeka?”.

“Skotlandia akan lebih baik di bawah kepemimpinan baru. Waktunya telah hampir datang, dan bagi saya memberikan orang lain kesempatan untuk memimpin itu baik,” kata Alex Salmond pada konferensi pers di Edinburgh.

Alex Salmond telah menjadi salah satu kekuatan dominan dalam politik Skotlandia selama beberapa dekade – pada kenyataannya, referendum pemisahan diri merupakan gagasan dari politisi 59-tahun.

Rencana referendum pemisahan Skotlandia berhasil diusulkan oleh Salmond di November 2013, melalui dokumen dengan 670 halaman yang berjudul ‘Skotlandia Future’, yang didokumentasikan secara rinci, termasuk mata uang Skotlandia, perpajakan, dan sistem kesejahteraan sosial.

“Itu sudah ada dalam dokumen yang saya dan tim buat, Anda bisa melihatnya. Itu merupakan mimpi dari sebagian besar kaum minoritas Skotlandia di Inggris. Itu juga mimpi terbesar warga Skotlandia asli,” ucapnya.

Meskipun ia mengakui kekalahan, ia sangat yakin bahwa perjuangan untuk kemerdekaan Skotlandia harus terwujud, demi kaum minoritas Skotlandia di Inggris.

“Waktunya telah hampir datang bagi saya untuk mundur sebagai pemimpin. Tapi untuk Skotlandia, perjuangan kemerdekaan terus akan hidup selamanya,” kata Salmond.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: