Perairan Maluku Utara Kembali Tenggelamkan Kapal

Perairan Maluku Utara Kembali Tenggelamkan Kapal

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sebuah kapal kembali tenggelam di perairan Kepulauan Sula di Maluku Utara pada Minggu (22/9) lalu, kapal tenggelam setelah dihantam gelombang tinggi.

“Kami telah memantau upaya evakuasi. Tak ada orang tewas dalam insiden itu,” kata Kombes. Hadi Waiyono dari Kapolres Kepulauan Sula, Senin (23/9).

Sebelum tenggelamnya kapal tersebut, KLM Norma Jaya sedang dalam perjalanan ke Bitung, Sulawesi Utara setelah berangkat dari desa Waisakai. Kapal itu membawa 40 ton kopra dan 12 penumpang – termasuk lima anggota awak. Diterjang gelombang setinggi tiga meter sekitar pukul 21.00 Waktu Indonesia Timur (WIT)

Nelayan setempat dari desa Bajo bergegas membantu kapal tenggelam dan membantu operasi pencarian dan penyelamatan dari 12 penumpang sepanjang malam, dengan orang terakhir yang selamat ditarik ke pantai pada Senin sore.

“Semua penumpang telah aman dievakuasi ke Bajo, dan kami telah menerima laporan bahwa semua korban berada dalam kondisi yang baik,” kata Hadi.

Perairan di sekitar Kepulauan Sula memang dikenal berbahaya, dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan bahwa perairan tidak cocok untuk kapal kecil untuk melakukan pelayaran.

“Kami menyarankan warga untuk ekstra hati-hati saat berlayar melalui wilayah tersebut,” kata Aryo, seorang ahli meteorologi dari BMKG Ternate.

Rata-rata, gelombang di sekitar perairan sekitar Maluku Utara dapat mencapai ketinggian 2-3 meter. Gelombang tinggi seperti ini sangat umum di Halmahera Utara dan Kepulauan Sula.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok