Pembangunan Jalan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi Telah Dimulai

Pembangunan Jalan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi Telah Dimulai

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pembangunan jalan tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi telah resmi dimulai setelah Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto meletakkan landasan proyek, yang menandakan awal pembangunan proyek di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Selasa, (24/9) kemarin.

Djoko mengatakan bahwa kondisi jalan tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi merupakan bagian dari jaringan jalan tol Trans-Sumatera yang lebih besar, dan diperkirakan akan memainkan peran penting dalam mengurangi pergerakan barang dan jasa dari Bandara Kuala Namu, serta sebagai kontributor utama terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera, khususnya, provinsi Sumatera Utara.

“Kondisi jalan tol adalah salah satu proyek Kementerian yang diarahkan untuk Percepatan Ekonomi dan Perluasan Masterplan (MP3EI) dengan meningkatkan kapasitas jaringan jalan di Sumatera, yang merupakan bagian utama dari Koridor Ekonomi Sumatera,” jelas Djoko.

Jalan tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi dibagi menjadi dua bagian dan akan memiliki panjang 61,80 kilometer. Bagian I adalah 17.80 kilometer peregangan antara Medan-Kuala Namu-Perbarakan, sementara Bagian II adalah segmen 44 kilometer antara Perbarakan dan Tebing Tinggi.

Empat jalur akan dibangun pada tahap awal konstruksi, dengan satu jalur ditambahkan pada masing-masing arah pada tahap akhir konstruksi. Batas kecepatan di jalan tol yang diusulkan untuk ditetapkan pada 100 km / jam.

Djoko menambahkan bahwa pembangunan jalan tol membutuhkan dukungan keuangan lebih lanjut dari pemerintah untuk itu untuk dapat melanjutkan tanpa hambatan.

“Pembangunan Bagian II membutuhkan investasi Rp 5,6 triliun, yang akan dibiayai oleh ekuitas operator jalan tol (BUJT) dan pinjaman dari lembaga keuangan,” kata Djoko.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok