PKS : Jokowi Terlihat Tak Percaya Diri Jadi Presiden

PKS: Jokowi Terlihat Tak Percaya Diri Jadi Presiden

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan bahwa hadirnya tokoh masyarakat dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam rapat kerja nasional di Semarang tidak mencerminkan perpecahan yang terjadi di Koalisi Merah Putih. Sekretaris Jenderal PKS, Fahri Hamzah, melihat bahwa Jokowi tidak percaya diri karena dukungan minimum di parlemen.

“Koalisi Merah Putih akan tetap solid. Tidak ada masalah,” katanya di Hotel Sahid, Jakarta. Sebaliknya, ia menyindir bahwa Jokowi tidak bisa menerima kenyataan bahwa dalam sistem presidensial, presiden terpilih tidak memerlukan peran legislatif. Hal ini karena ia melihat Jokowi tidak begitu percaya diri dalam menjalankan pemerintahannya tanpa dukungan legislatif.

Dia menantang Jokowi untuk menjadi berani dan percaya diri dalam menjalankan pemerintahannya dengan dukungan minimum dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dia menjelaskan bahwa dalam sistem presidensial, jika pesta mengambil kendali eksekutif maka harus ada pihak lain yang lebih besar di legislatif.

“Hal ini baik untuk rakyat, untuk keseimbangan. Berikan legislatif kesempatan untuk memantau,” katanya.

Selain itu Politikus Partai Demokratik Nasional Perjuangan (PDI-P) Eriko Sotarduga mengatakan bahwa negosiasi dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) telah mencapai tahap akhir. “Jokowi telah membicarakan itu,” katanya.

Eriko menyatakan optimismenya bahwa kedua pihak cenderung untuk bergabung dan mendukung Joko Widodo-Kalla, mengingat sikap bersama mereka pada isu-isu seperti MD3 Bill dan pilkada.

“Kami memiliki pemahaman yang sama bahwa menjadi bersama-sama lebih baik untuk kebaikan orang lain,” katanya.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok