49 Sandera ISIS Dibebaskan Tanpa Tebusan

49 Sandera ISIS Dibebaskan Tanpa Tebusan

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa tidak ada uang tebusan yang dibayarkan dari pembebasan 49 sandera asal Turki dari Negara Islam (IS) di Irak dan bahwa itu adalah hasil negosiasi diplomatik dan politik.

“Sebuah negosiasi materi benar-benar keluar dari pertanyaan. Ini adalah keberhasilan diplomatik,” katanya sebelum berangkat ke Majelis Umum PBB.

Sumber-sumber keamanan mengatakan kepada wartawan, Sabtu 20 September 2014, bahwa sandera telah dibebaskan Sabtu malam di kota Tel Abyad di sisi Suriah dari perbatasan dengan Turki setelah dipindahkan dari kota Suriah timur Raqqa.

Para sandera, termasuk konsul jenderal Turki, anak diplomat dan tentara Pasukan Khusus, diculik dari konsulat Turki di Mosul pada 11 Juni lalu.

Salah satu sandera, Alptekin Esirgun, mengatakan bahwa mereka diminta oleh penculik mereka untuk menonton video dari pemenggalan tiga wartawan Barat.

“Mereka ingin menghancurkan moral kami. Mereka memperlakukan kami lebih baik karena kita adalah Muslim, tapi kami masih merasa tidak nyaman,” kata Esirgun kepada agen Anadolou News.

Dari pelepasan 49 sandera, yang cukup mengejutkan adalah melihat bagaimana kelompok menangani sandera dengan tidak kasar. Hal ini mungkin disebabkan fakta bahwa Turki ditolak untuk bergabung dengan koalisi internasional dari Amerika Serikat untuk melawan Negara Islam. Meski demikian, sadera merasa terancam nyawanya, dan ingin segera kembali ke rumah.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: