Kadin Minta Jokowi Jaga Subsidi BBM Untuk Nelayan

Kadin Minta Jokowi Jaga Subsidi BBM Untuk Nelayan

HarianDepok.com – Bisnis , Yugi Prayanto, wakil ketua Kelautan dan Perikanan Departemen di Kamar Dagang Indonesia dan Industri (Kadin), meminta pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk mempertahankan subsidi BBM untuk nelayan, dan mengatakan itu adalah masalah hidup dan mati.

Kadin mencatat bahwa akan ada 20 persen solar subsidi dipotong untuk nelayan, mengurangi total subsidi untuk 720.000 kiloliter dari 900.000 kiloliter pada akhir tahun ini. Peraturan yang dikeluarkan oleh Hilir Minyak dan Gas Bumi Badan Pengatur (BPH Migas) menyatakan bahwa subsidi BBM diesel diprioritaskan untuk kapal dengan bobot mati 30 gross ton (GT).

Pemerintah baru, Yugi mengatakan, harus memastikan ketersediaan BBM bersubsidi bagi nelayan untuk lima tahun ke depan.

“Seharusnya tidak ada pasokan BBM ketidakpastian seperti saat ini,” kata Yugi.

Seorang anggota kelompok kerja perikanan dan lingkungan di kantor transisi Jokowi-JK, Laras Sati, berjanji dia akan meneruskan saran Kadin kepada pemerintah berikutnya. Dia mengatakan salah satu hal penting dalam hal kebijakan BBM adalah untuk meminimalkan manipulasi subsidi BBM.

“Selama tidak ada instruksi dari pemerintah, kita harus memastikan kecukupan kuota bahan bakar pada 46 juta kiloliter pada 31 Desember,” kata Ketua BPH Migas Andy Sommeng pada Senin.

Menurut Andy, kebijakan pengendalian BBM bersubsidi masih relevan karena Pertamina belum mengumumkan hasil evaluasi terhadap langkah-langkah pengendalian konsumsi bahan bakar.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: