Jokowi : 80 Persen PAN Dan PPP Ikut Kami

Jokowi: 80 Persen PAN Dan PPP Ikut Kami

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Kemungkinan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk bergabung dengan kabinet Joko Widodo dan Jusuf Kalla tampaknya akan semakin besar.

Presiden terpilih Joko Widodo berharap bahwa dengan masuknya PPP dan PAN dalam pemerintahannya, mendukung bagi pemerintah di parlemen akan lebih kuat.

“Dari awal kami telah mengatakan bahwa kita terbuka karena masalah ini adalah untuk membangun negara. Sebuah bangsa besar seperti Indonesia tidak bisa dibangun oleh empat partai politik saja,” kata Jokowi di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta Menteng, Jakarta Pusat.

Sebagai catatan, kabinet Jokowi-Kalla didukung oleh empat partai politik: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Nasional Demokrat (NasDem ).

Namun, jumlah kursi dari empat partai di parlemen masih lebih rendah dari Koalisi Merah Putih, yang didukung oleh lima partai politik.

Jokowi mengatakan bahwa kemungkinan PPP dan PAN bergabung dengan kamp adalah 80 persen dan kepastian kedua belah pihak bergabung pemerintahnya akan ditentukan minggu depan.

Sementara Isa Muhsin, wakil sekretaris jenderal untuk keanggotaan dan regenerasi di Partai Persatuan Pembangunan (PPP), mengatakan meski partainya siap bergabung dengan koalisi yang dipimpin oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), itu tidak akan selalu mendukung pilkada secara langsung.

“Kami telah mengevaluasi masalah ini sejak tahun 2010, dan kita masih berpikir bahwa pilkada yang dipilih langsung oleh DPRD akan lebih baik,” ucap Isa.

PPP tidak akan mengubah sikapnya selama pilkada, kecuali akan dibahas di rapat kerja nasional yang diselenggarakan Selasa depan, 23 September.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok