Jangan Gunakan Antibiotik Sembarangan!

Jangan Gunakan Antibiotik Sembarangan!

HarianDepok.com – Kesehatan , Antibiotik biasanya diresepkan oleh praktisi medis untuk mengobati infeksi virus. Namun ternyata antibiotic juga berbahaya bagi kesehatan pasien. Penggunaan sembarangan dari antibiotik untuk mengobati infeksi menyebabkan pertumbuhan bakteri strain yang mengembangkan resistensi terhadap antibiotik. Hal ini membuat tubuh sulit untuk melawan infeksi.

Antibiotik digunakan secara berlebihan, sehingga pasien mendiagnosis diri dan menganggap bahwa semua infeksi dapat diobati dengan antibiotik.

Selain pengujian laboratorium, tidak ada cara yang pasti untuk membedakan antara infeksi bakteri atau virus, tetapi ada beberapa tanda-tanda yang dapat memberitahu Anda saat yang tepat untuk mengonsumsi antibiotic.

Demam dan menggigil bisa menunjukkan adanya infeksi bakteri, tetapi gejala-gejala ini juga hadir dengan kondisi virus seperti flu. Jika musim flu dan banyak orang di lingkungan Anda atau tempat kerja berurusan dengan gejala seperti flu, maka mungkin antibiotik tidak diperlukan untuk mengobatinya.

Jika infeksi Anda terbatas hanya pada satu bagian tubuh itu merupakan bakteri yang memang sudah ada. Virus cenderung menyebar ke rongga lain seperti telinga, dada dan tenggorokan.

Biasanya, infeksi bakteri yang lebih serius daripada infeksi virus. Durasi rata-rata gejala virus adalah tiga sampai empat minggu. Virus umumnya membaik seiring waktu, dan jika Anda melihat gejala-gejalanya kian menghilang, Anda mungkin terinfeksi virus.

Jika tenggorokan Anda merah dan iritasi, dokter mungkin akan memeriksa bintik-bintik putih. Ini adalah tanda dari infeksi bakteri.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: