PPP Dan PAN Tunjukan Keinginan Bergabung di Kabinet Jokowi

PPP Dan PAN Tunjukan Keinginan Bergabung di Kabinet Jokowi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Presiden terpilih Joko Widodo mengatakan pada Sabtu (20/9), bahwa ada kemungkinan 80 persen dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk bergabung dengan cabinet yang dipimpinnya. Jokowi mengatakan kedua pihak akan membuat keputusan dalam waktu seminggu.

PPP dan PAN telah menunjukkan minat mereka untuk bergabung dengan kabinet Jokowi pada pertemuan kerja nasional Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Semarang, Jawa Tengah.

Dalam rapat kerja, PPP diwakili oleh ketua interim Emron Pangkapi sementara PAN didelegasikan wakil ketua Drajad Wibowo dan Ketua Fraksi Tjatur Sapto Edy.

Jokowi mengatakan ia sedang dalam pembicaraan intensif dengan kedua belah pihak tanpa mengungkapkan rincian. Jokowi juga menegaskan bahwa tidak ada jabatan menteri akan dialokasikan untuk PPP dan PAN.

“Mereka akan menyambut untuk mengajukan calon, tapi itu (penunjukan) akan diputuskan oleh presiden,” kata Jokowi.

Sementara ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa Joko Widodo tidak boleh ditinggal sendirian dalam mengelola pemerintah karena apa yang dia kerjakan adalah bagian dari doktrin Tri Sakti Bung Karno [(The Three Powers): “kedaulatan politik, kemandirian ekonomi dan karakter bangsa”.

Selama pidatonya pada pembukaan Rapat Kerja Nasional partai (Rakernas) di Semarang kemarin, dia juga memuji kepemimpinan Jokowi ini; salah satunya adalah dengan gaya blusukan-nya (kunjungan mendadak) yang sering masuk ke pelosok-pelosok.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: