Rupiah Tembus 12 Ribu, BI Anggap Itu Wajar

Rupiah Tembus 12 Ribu, BI Anggap Itu Wajar

HarianDepok.com – Bisnis , Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara mengatakan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika masih di sisi yang aman.

“Jangan melihat bahwa pelemahan rupiah negatif atau penguatan rupiah positif. Kita hanya perlu untuk mengekang impor, dan meningkatkan ekspor, saya kira ini masih wajar-wajar saja” katanya di Gedung BI kemarin.

Nilai tukar rupiah yang ideal adalah antara Rp11,600 sampai 11,900.

“Ini baik bahwa itu melayang-layang di sekitar angka tersebut. Ini sudah angka yang cocok untuk meningkatkan ekspor,” tambah Mirza.

Transaksi di pasar keuangan di Indonesia tidak lebih dari US $ 3-4 juta per hari. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan Malaysia dan Thailand, yang bisa mencapai US $ 11-15 juta per hari.

Seorang ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Rangga Cipta, mengatakan bahwa penyesuaian Federal Reserve dengan tingkat bunga telah memperkuat nilai tukar dolar.

“Meskipun tidak ada yang baru keluar dari keputusan Fed terlepas dari kelanjutan tapering off program, investor melihat [US Federal Komite Pasar Terbuka] pertemuan FOMC berakhir dengan keputusan yang lebih agresif,” kata Rangga.

Hal ini tidak mengherankan; dolar AS telah menguat terhadap sebagian besar mata uang regional. Sebagai per 12:15 waktu Jakarta, kemarin rupiah berlalu 67.9 poin atau 0.57 persen untuk perdagangan di Rp. 12.037.5 per dolar AS.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok