Inilah Efek Dari Kurang Tidur Yang Sering Diabaikan

Inilah Efek Dari Kurang Tidur Yang Sering Diabaikan

HarianDepok.com – Kesehatan , Dampak awal dari kurang tidur dapat terlihat jelas. Anda merasa lesu, bingung dan tidak mampu bergerak secara normal. Aagitasi, kehilangan memori jangka pendek, kecemasan atau depresi, dan berat badan tak seimbang adalah efek berikutnya dari kurang tidur. Selama jangka waktu yang panjang, dapat menyebabkan efek yang lebih mengkhawatirkan. Berikut:

Risiko kanker: Penelitian awal telah menghubungkan kurang tidur dengan usus besar dan kanker payudara. Tidur kurang dari enam jam semalam dapat menyebabkan pertumbuhan polip di usus besar yang bisa menjadi tumor kanker dari waktu ke waktu. Studi awal juga menunjukkan bahwa paparan cahaya di malam hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara dengan menghambat waktu produksi melatonin.

Empat kali lipat risiko stroke: Bahkan tanpa adanya faktor risiko lain seperti obesitas atau sejarah keluarga, orang-orang yang tidur kurang dari enam jam di malam hari memiliki peningkatan risiko menderita stroke.

Peningkatan risiko diabetes: Orang yang kekurangan tidur cukup memiliki kesempatan lebih tinggi mengembangkan resistensi insulin yang tinggi, yang berarti bahwa tubuh kehilangan kemampuan untuk menggunakan insulin secara efektif.

Obesitas: Kurang tidur membuat kita ingin makan makanan berminyak. Sebuah periode panjang dari kurang tidur menyebabkan kita untuk membuat pilihan makanan yang tidak sehat, makan dengan porsi lebih besar dan pengalaman kelesuan ekstrim. Hal ini meningkatkan produksi ghrelin dan leptin menurun, hormon yang membantu menjaga asupan makanan.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: