Lebih dari 700 Pengungsi Tenggelam di Laut Mediterania

Lebih dari 700 Pengungsi Tenggelam di Laut Mediterania

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Lebih dari 700 pengungsi yang berasal dari Afrika dan Timur Tengah hanyut setelah kapal mereka tenggelam saat menghadapi masalah di bagian mesin.

Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) memperkirakan bahwa sudah sekitar 3.000 pengungsi telah tenggelam di Laut Mediterania sejak awal tahun.

Salah satu insiden terburuk terjadi pada pekan lalu, ketika sebuah kapal yang membawa sekitar 500 pengungsi. Insiden ini terungkap setelah dua dari sembilan korban yang selamat dari insiden itu memberikan kesaksian mereka kepada pihak berwenang.

Korban selamat tersebut mengatakan bahwa mereka diperintahkan untuk melompat dari kapal di tengah-tengah Laut Mediterania, namun para pengungsi menolak. Penolakan tersebut berbuntut perkelahian, yang berakhir ketika seorang tak dikenal jatuh ke pantai, kata juru bicara IOM Christiane Berthiaume.

“Sekitar 500 orang berada di perahu itu. Sebagian besar berasal dari Suriah, Palestina, Mesir dan Sudan Ada berharap yang ingin mencari kerja di Eropa,” kata Berthiaume.

“Insiden yang memakan korban 700 jiwa di Mediterania itu, merupakan angka terbesar dari kecelakaan yang terjadi di daerah tersebut sejauh ini,” jelasnya.

Kapal itu berlayar dari Mesir dengan membawa sekitar 500 orang, dan kandas di pantai Malta pada tanggal 10 September 2014. Hanya sembilan orang yang berhasil ditemukan pada hari Jumat.

Dua korban dari Palestina telah dibawa ke Sisilia, korban dari Italia masih menjalani proses lebih lanjut, sedangkan sisanya diangkut ke Malta dan Crete, Yunani.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: