PBB Kutuk Video Pemenggalan Seorang Pekerja Inggris Oleh IS

PBB Kutuk Video Pemenggalan Seorang Pekerja Inggris Oleh IS

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Dewan Keamanan PBB (DK PBB) mengutuk “keji dan pengecut” pembunuhan pekerja bantuan Inggris David Haines oleh kelompok garis keras pemberontak, Negara Islam (IS), yang sebelumnya menggunakan nama Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS ).

“Kejahatan adalah pengingat tragis atas bahaya yang meningkat bahwa para pekerja kemanusiaan menghadapinya setiap hari di Suriah,” kata DK PBB melalui pernyataan yang disahkan oleh 15 anggotanya pada hari Minggu (14/9).

Mereka menyerukan perlindungan pekerja bantuan di daerah konflik dan menegaskan bahwa ISIS harus dikalahkan, dan tidak ada toleransi untuk kekerasan dan kebencian yang dianut.

Anggota DK PBB juga menegaskan bahwa kejahatan barbar yang dilakukan oleh ISIS, yang juga dikenal sebagai Negara Islam Irak dan Suriah, tidak mengintimidasi mereka, tetapi sebaliknya malah semakin semangat dalam keinginan mereka untuk berkomitmen secara kolektif untuk melawan ISIS dan kelompok pemberontak yang berafiliasi mereka.

DK PBB menyerukan pembebasan segera dan tanpa syarat dari semua sandera yang ditahan oleh IS dan al-Qaeda kelompok yang berafiliasi, dan meminta semua negara untuk secara efektif bekerja sama dengan (UK) upaya Britania Raya untuk membawa algojo Haines ke pengadilan.

Haines diculik di Suriah pada Maret 2013, pemenggalan Haines itu terungkap dalam sebuah video yang dirilis pada Sabtu oleh pemberontak ISIS. Dalam beberapa bulan terakhir, pasukan ISIS telah berhasil berhasil mengambil kendali atas sebagian besar wilayah Irak dan Suriah.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: