AS dan Inggris Siapkan Serangan Untuk IS

AS dan Inggris Siapkan Serangan Untuk IS

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan bahwa ia akan membahah langkah-langkah dalam menanggapi pemenggalan reporter wartawan Inggris David Haines oleh pemberontak Negara Islam (IS).

“Kami akan melakukan segalanya dalam kekuasaan kami untuk memburu pembunuh dan membuat mereka menghadapi pengadilan tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan,” kata Cameron dalam akun Twitter-nya kemarin tak lama setelah IS meng-upload video eksekusi di internet.

Cameron menyatakan bahwa IS adalah wabah yang harus dihilangkan dan bahwa pelaksanaan Haines adalah murni kejahatan sendiri.

Video eksekusi itu diposting di situs IS Sabtu lalu. Wartawan 44 tahun asal Perth, Skotlandia itu diculik tahun lalu selama kunjungan bantuan kemanusiaan ke Suriah. Ia disandera di Atmeh Village, Suriah sejak Maret 2013.

Video itu menunjukkan seorang pria dalam pakaian hitam mengenakan topeng yang berdiri di belakang seorang pria yang diduga Haines. Video berjudul “Pesan US Sekutu” adalah jawaban atas bantuan yang diberikan oleh Inggris untuk Irak dan Kurdi tentara, Peshmerga, untuk membantu dalam pertempuran melawan IS. Video ini mirip dengan video eksekusi dua wartawan Amerika, Steven Sotloff dan James Foley.

CNN mengatakan bahwa eksekusi adalah taktik oleh IS dalam mengganggu kerjasama antara AS dan Inggris.

“Tindakan oleh IS menjamin operasi gabungan antara Amerika Serikat dan Inggris di semua harus ditingkatan,” katanya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: