Perahu Tenggelam Di Maluku, Tujuh Orang Hilang

Perahu Tenggelam, Tujuh Orang Hilang

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sebuah perahu kayu dalam perjalanan dari Pulau Selatan Mangoli Distrik Sanana di Kabupaten Sula, Maluku Utara, tenggelam setelah terkena gelombang besar. Dari 30 penumpang di perahu, 14 orang meninggal dalam insiden itu, sementara tujuh lainnya masih hilang. Kejadian ini menandai insiden keempat sejak 2013 di perairan Maluku.

Perahu yang memiliki kapasitas 40 orang tersebut, tenggelam setelah ditabrak oleh gelombang tiga meter saat mendekati pelabuhan di desa Bajo di Kabupaten Sanana pada hari Minggu, pukul 07.45 Waktu Indonesia Timur. Perahu berangkat dari pelabuhan di desa Ori di distrik South Mangoli.

Menurut Sula Archipelago bupati, Polisi Adj. Kombes. Hadi Waiyono, kecelakaan ini murni disebabkan oleh cuaca. Perahu itu tenggelam setelah mengalami kegagalan mesin saat mendekati pelabuhan di Bajo.

“Ketika mesin bermasalah, gelombang tiga meter menghantam perahu,” kata Hadi.

Hadi menjelaskan bahwa sebagian besar korban yang meninggal adalah orang-orang tua, sementara anak-anak juga menjadi korban naas ini.

“Kami masih melakukan pencarian tujuh penumpang yang hilang,” kata Hadi.

Bupati Kepulauan Sula, Ahmad Hidayat Mus, mengatakan bahwa perahu memang sering digunakan untuk alat trasportasi untuk kegiatan. Menurut Ahmad, cuaca buruk disebabkan oleh siklon tropis, yang menyebabkan gelombang tinggi dan angin kencang.

Insiden paling mematikan terjadi pada tanggal 5 Januari 2013, ketika sebuah perahu tenggelam setelah ditabrak oleh gelombang tinggi di perairan Tanimbar Kei, Maluku Tenggara, yang menewaskan tujuh orang, dan msatu penumpang hilang.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: