IPW Desak Kepolisian Selesaikan Kasus Obor Rakyat

IPW Desak Kepolisian Selesaikan Kasus Obor Rakyat

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Neta S. Pane telah meminta polisi untuk segera menangani secara serius kasus dengan majalah Obor Rakyat, yang telah dituduh menyebarkan informasi palsu tentang presiden terpilih Joko Widodo selama kampanye presiden lalu.

“Polisi harus menjelaskan apakah kasus tersebut telah dihentikan atau masih berlanjut,” kata Neta, Senin (15/9)

Dia mengatakan Kapolri Jenderal Sutarman perlu bertindak tegas untuk menjamin kepastian hukum. Polisi telah menetapkan dua tersangka dalam kasus, yaitu. Setiyardi Budiono dan Darmawan Sepriyossa, dan korban, Joko Widodo.

Neta juga berharap Jokowi bersedia untuk memecahkan kasus ini dan memerintahkan polisi untuk benar-benar menyelidiki kasus setelah pelantikannya.

“Polisi belum profesional dalam menyelesaikan kasus Obor Rakyat,” kata Neta.

Setiyardi dan Darmawan telah melanggar Pasal 18 ayat 1 juncto pasal 9 ayat 2 dalam UU No.40 / 1999 tentang Pers. Keduanya didakwa melanggar hukum sebagai pengisi berita di tabloid itu. Setiyardi dan Darmawan, selain menghadapi denda potensi Rp. 100 juta, juga didakwa dengan Pasal 310 dan 311 KUHP dalam memfitnah presiden terpilih Jokowi.

Sebelumnya, Juru bicara Kepolisian Nasional Ronny F. Sompie mengatakan penyidik ??diperlukan informasi tangan pertama dari Jokowi sebagai korban dalam kasus ini untuk menjelaskan lebih lanjut tentang kasus ini.

“Sehubungan dengan Pasal 310 dan 311 KUHP, korban harus bersaksi sebagai saksi,” kata Ronny Juli lalu.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: