BPLS Terus Pantau Tanggul Lapindo

BPLS Terus Pantau Tanggul Lapindo

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Badan Mitigasi Semburan Lumpur Sidoarjo (BPLS) terus melakukan pemantauan tanggul yang dalam kondisi kritis, menyusul lonjakan aliran air yang hampir melebihi ketinggian tanggul. Tanggul yang berada dalam kondisi kritis termasuk titik 73 di Desa Kedungbendo, Tanggulangin, titik 21 di Desa Siring, Porong, dan titik 34 di desa Pajarakan, Jabon.

“Kami masih tidak bisa berbuat banyak karena warga tidak membiarkan kami dekati tanggul,” kata juru bicara BPLS Dwinanti Hesti Prasetyo.

Sebelumnya, sejumlah korban bencana Lapindo, terutama warga Renokenongo Porong, mencegah petugas BPLS untuk melakukan pekerjaan di tanggul pada titik 68, meskipun lumpur sudah membanjiri rumah warga. Sementara itu, warga Gempolsari, yang juga terkena banjir, mendorong BPLS untuk melakukan perbaikan yang diperlukan untuk tanggul. Warga kedua desa hampir bentrok, tapi ketegangan itu berhasil dijinakkan oleh kepala desa.

Menurut Dwinanto, BPLS telah memperbaiki tanggul di titik 68 di Gempolsari, Sidoarjo pada tanggal 10 September, setelah keselamatan kru mereka dijamin oleh penduduk setempat. Dua unit backhoe yang digunakan untuk memperbaiki tanggul disediakan.

“Warga Gempolsari tidak perlu khawatir sekarang karena kita telah diperbaiki tanggul,” katanya.

“Selama perbaikan, kru BPLS dibantu oleh anggota polisi dan militer, untuk mengantisipasi terjadinya tindak kekerasan antara warga, selain itu kami juga menjamin keselamatan para petugas BPLS,” kata Kepala Tanggulangin Kabupaten, Sentot Kunmardianto.

[EniGayoe/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok