Tokoh-tokoh Muslim Ikhwanul Tinggalkan Qatar

Tokoh-tokoh Muslim Ikhwanul Tinggalkan Qatar

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Qatar telah meminta tujuh tokoh senior dari Mesir yang melarang Ikhwanul Muslimin untuk meninggalkan Mesir. Ibrahim Munir, seorang pejabat Ikhwanul senior yang berbasis di London, mengatakan kepada Reuters keberangkatan tidak berarti memecah persaudaraan antara Qatar dan Mesir.

Para pejabat Qatar yang tidak segera tersedia untuk komentar. Qatar dan Turki adalah satu-satunya negara-negara regional yang mendukung Ikhwanul setelah militer Mesir menggulingkan Presiden Mohamed Mursi Islam tahun lalu menyusul protes massal menentang pemerintahannya.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) dan negara-negara Teluk Arab lainnya, sebaliknya, telah memandikan penguasa baru Mesir dengan miliaran dolar. Mereka melihat Ikhwanul Muslimin sebagai ancaman eksistensial terhadap monarki.

Ketegangan atas dukungan Qatar untuk Ikhwan yang dipimpin Arab Saudi, Bahrain dan UEA untuk menarik duta besar mereka dari Doha.

Munir mengatakan Darrag adalah salah satu anggota Ikhwanul yang meninggalkan Qatar, meskipun Darrag tidak secara khusus mengatakan demikian dalam pesannya.

Hubungan antara Qatar dan Mesir rusak parah setelah kejatuhan dari kempemimpinan Mursi. Doha telah menyambut sejumlah tokoh senior Ikhwanul sejak pasukan keamanan Mesir melancarkan tindakan keras pada gerakan, menewaskan ratusan orang di jalan-jalan dan menangkap ribuan orang lain.

Juru bicara kementerian luar negeri Mesir mengatakan dia “tidak tahu” jika Qatar telah mengusir pemimpin Ikhwanul, dan menolak memberikan komentar lebih lanjut sampai Kairo telah memeriksa masalah ini.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok