Kalimantan Siap Bangun Jembatan Seperti Suramadu

Kalimantan Siap Bangun Jembatan Seperti Suramadu

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Provinsi Kalimantan Utara berencana membangun jembatan 3 kilometer yang menghubungkan Kota Tarakan di Kalimantan Timur dengan Tanjung Selor, ibukota Kalimantan Utara.

Jembatan dipandang penting karena Tarakan adalah pintu gerbang ke provinsi, yang merupakan provinsi termuda di Indonesia.

“Kami masih melakukan uji kelayakan untuk mengetahui perkembangan teknis, termasuk pembiayaan,” kata Pjs Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie di Samarinda, kemarin.

Desain jembatan akan dibangun mirip dengan Jembatan Suramadu di Jawa Timur, kata Irianto, menambahkan bahwa itu dirancang untuk menjadi jembatan pilar bukan jembatan gantung.

“Bukan jembatan gantung, tapi jembatan pilar. Konsepnya sama dengan jembatan Suramadu, hanya saja ini lebih pendek. Tujuannya, untuk transportasi yang menghubungkan Kota Tarakan di Kalimantan Timur dengan Tanjung Selor, ibukota Kalimantan Utara,” sambungnya.

Adapun anggaran, Irianto mengatakan pemerintah provinsi masih menunggu hasil uji kelayakan. Provinsi Kalimantan Utara masih membutuhkan bantuan dari anggaran pemerintah pusat untuk mengembangkan infrastruktur tersebut.

“Soal anggaran kami masih belum pasti. Sedang dilakukan uji kelayakan dulu, dan pengembangan infrastuktur,” ucap Irianto.

Selain membangun jembatan, provinsi juga akan memperpanjang landasan pacu bandara Tanjung Harapan Bulungan. Untuk perpanjangan landasan pacu, anggaran tersebut telah diterima dari provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara yang sebelumnya jadi pemilik.

“Ekstensi mencapai 400 meter, namun bandara permanen dapat dibangun di lokasi lain,” kata Irianto.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: