Diduga Ikut ISIS, Empat Warga Negara Turki Digiring ke Mako Brimob Depok

Diduga Ikut ISIS, Empat Warga Negara Turki Digiring ke Mako Brimob Depok

HarianDepok.com – Berita , Densus 88 Mabes Polri, Sabtu kemarin (13/9), menangkap tujuh tersangka teroris dalam jaringan Santoso yang juga dikenal sebagai Abu Wardah di Desa Marantale, Kec Siniu, Sulawesi Tengah.

Emat di antara ketujuh orang tersebut adalah WN Turki dan tiga warga lainnya adalah WNI. Ahmed Basyit, Ahmed Bozoghlan, Ahmed Bayram, dan Ahmed Zubaidan. Sementara itu, tiga WNI tersebut yakni Saiful Priatna alias Ipul ( 29 tahun), M Irfan (21 tahun), dan Yudit Chandra alias Ichan (28 tahun)

Kepala Biro Informasi Publik Divisi Humas Brigjen Boy Rafli Amar mengatakan, empat WN Turki digiring ke Mako Brimob Depok. Sedangkan tiga orang  warga Negara Indonesia diselidiki di Polda Sulawesi Tengah.

“WN Turki dibawa ke Mako Brimob (Depok) untuk memperdalam keterlibatan Santoso dalam jaringan teroris. Sementara tiga orang Indonesia hanya menjadi sopir, mereka diselidiki di kepolisian Sulawesi Tengah,” kata Boy, Minggu (14/9).

Keempat WN Turki tersebut ternyata telah melakukan komunikasi dengan sejumlah anggota Mujahidin Indonesia Timur yang dipimpin Santoso.

Tapi tidak ada pernyataan resmi tentang hal itu melalui percakapan telepon. Menurut Boy, Santoso adalah pemimpin teroris yang membawa para pengikutnya untuk berbaiat ke ISIS.

Akibatnya, ada klaim bahwa komunikasi sehubungan dengan kelompok Islam garis keras di poso. Insiden berawal ketika pada Sabtu pukul 00.00 WITA, empat WN Turki dijemput oleh tiga WNI dari sebuah kos di Jln Benteng, Touwa, Palu.

“Mulai dari sana, petugas langsung mengejar,” kata Boy.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)