Camat Sawangan : Bank Sampah Itu Penting di Depok

Camat Sawangan : Bank Sampah Itu Penting di Depok

HarianDepok.com – Berita – Sawangan , Eko Herwiyanto selaku Camat Sawangan sedang melakukan memantau dan mengarahkan praktek membuat lubang komposter kepada warganya di tanah milik keluarga. Program ini memiliki peran yang lebih besar dari program Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) yang terletak di RW 8 Bedahan, Sawangan, Depok.

“Pagi ini, kita berlatih bersama rumah tangga, dengan dihaadiri wakil walikota (Idris Abdul Shomad) tentang bagaimana menangani limbah dari rumah tangga masing-masing. Oleh karena itu, titik kami adalah untuk membuat lubang lapangan organik, bukan berarti dengan komposter yang baik,” kata Eko, di lokasi.

Menurut Camat Sawangan tersebut, untuk komposter ini, himbauan teah dilakukan sejak lama, terkait bagaimana memilah sampah dan pembangunan bank sampah.

“Dimulai dengan menyortir sumber sampah dari dapur (rumah tangga), sisa makanan, sisa sayuran dan sampah daun,” ucapnya.

Kemudian, menurut Eko, sampah yag termasuk anorganik seperti plastik, kertas, karet dapat dikumpulkan dan bisa dijual ke Bank sampah.

Tingkat kecamatan Sawangan sejauh ini untuk bank sampah berjumlah diatas 30 bank, yang tersebar di beberapa desa.

Harapan kedepannya, kata Eko, sebenarnya bank sampah harus ada di setiap RT atau dalam lingkungan yang kecil.

“Tapi kebanyakan dari kita tidak menganggap penting bank sampah itu, kita perlu membiasakan diri dalam memilah sampah yang tadi saya utarakan, “katanya.

Eko mengatakan, untuk UPS sudah ada beberapa anggar, tetapi masih belum beroperasi.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)