Dahlan Iskan Gabungkan Empat Perusahaan Asuransi

Dahlan Iskan Gabungkan Empat Perusahaan Asuransi

HarianDepok.com – Bisnis , Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan mengumumkan bahwa pada 1 Januari 2015, Indonesia secara resmi akan memiliki perusahaan jaminan milik negara dengan menggabungkan empat perusahaan asuransi.

Mereka adalah Reasuransi Internasional Indonesia (ReIndo), Tugu Reasuransi Indonesia, Reasuransi Nasional Indonesia (NasRe), dan Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI), katanya.

“Perusahaan jaminan milik negara, Reasuransi Indonesia, akan diluncurkan pada bulan Oktober 2014 dan secara resmi akan mulai beroperasi mulai 1 Januari 2015,” kata Dahlan, Sabtu (13/9).

Menurut Dahlan, persiapan untuk merger tiga perusahaan jaminan dan satu perusahaan asuransi telah memasuki tahap akhir di Otoritas Jasa Keuangan.

Pemerintah bertujuan untuk memiliki sebuah perusahaan jaminan dengan modal besar dan aset dengan menggabungkan empat perusahaan jaminan.

“Saat ini, Indonesia memiliki perusahaan jaminan milik negara skala kecil. Di sisi lain, kita perlu jaminan perusahaan yang bisa menutupi kegiatan penjaminan dalam volume besar,” katanya.

Sementara itu, rata-rata kerugian dari potensi jaminan premium sekitar Rp 8 triliun, atau sekitar US $ 676.000.000.000, per tahun yang berjalan reasuransi di luar negeri.

“Dengan pembentukan Reasuransi Indonesia, negara dapat menikmati semua potensi keuntungan yang melekat dalam menerima devisa,” kata Dahlan.

Dia menambahkan bahwa rencana untuk mengoperasikan Reasuransi Indonesia telah mendapat respon positif dari perusahaan jaminan Eropa, seperti di Swiss dan Inggris.

“Mereka telah menghubungi kami dan siap untuk menjalin kerjasama dengan Reasuransi Indonesia,” tambah Dahlan.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok