Pemimpin Thailand Peringatkan Hukuman Berat Soal Penghinaan

Pemimpin Thailand Peringatkan Hukuman Berat Soal Penghinaan

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Pemimpin junta Thailand, Prayuth Chan-ocha, Jumat (12 September) mengatakan rezimnya akan menggunakan langkah-langkah hukum, psikologis dan teknologi untuk melindungi monarki terhadap pencemaran nama baik dalam pidato kebijakan pertamanya sebagai perdana menteri.

Peringatan itu datang sebagai Amnesty International yang mengatakan “belum pernah terjadi sebelumnya” jumlah orang telah didakwa dengan menghina para bangsawan sejak kudeta, dengan 14 warga Thailand didakwa berdasarkan hukum majeste kontroversial lese dalam waktu kurang dari empat bulan.

Raja Bhumibol Adulyadej sudah dilindungi oleh salah satu hukum terberat soal pencemaran nama baik kerajaan di dunia – siapa pun yang didakwa menghina raja, ratu, pewaris atau bupati menghadapi hingga 15 tahun penjara.

“Kami akan menggunakan langkah-langkah hukum yang tepat, langkah-langkah psikologis dan teknologi komunikasi terhadap orang-orang sakit,” kata Prayuth dalam pidato televisi kepada anggota Majelis Legislatif Nasional, tanpa menjelaskan lebih lanjut metode yang tepat dari pengawasan.

Sejak merebut kekuasaan pada 22 Mei, ia telah menekankan komitmennya untuk melindungi monarki.

“Monarki adalah pilar utama negara kita, untuk menciptakan persatuan nasional,” kata Prayuth Jumat.

Raja tidak memiliki peran politik resmi, tetapi dipandang sebagai tokoh pemersatu di negara yang telah sering tercabik-cabik oleh kekerasan politik, terutama sejak kudeta militer pada tahun 2006.

Bulan lalu, seorang musisi 28 tahun dijatuhi hukuman 15 tahun penjara karena menulis penghinaan monarki dalam akun Facebooknya yag terjadi antara 2010 dan 2011.

Dalam kasus baru-baru lain sopir taksi dijatuhi hukuman penjara dua setengah tahun setelah penumpangnya, dosen universitas yang merekam percakapan mereka pada ponsel, menuduhnya mengekspresikan pandangan anti kerajaan, kata Amnesty.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok