PBB: Lapisan Ozon Yang Bolong Kian Membaik

PBB: Lapisan Ozon Yang Bolong Kian Membaik

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan kabar baik tentang kondisi bumi. Sebuah laporan dari PBB yang diterbitkan oleh Washington Post mengatakan bahwa lubang besar pada lapisan ozon mulai pulih.

“Lapisan atmosfer yang melindungi penghuni Bumi dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya secara perlahan kian membaik, ini merupakan keberhasilan yang luar biasa dari ilmu pengetahuan dan kerja sama yang baik,,” laporan PBB yang diterbitkan Rabu seperti dikutip Washington Post.

Menurut para peneliti, kemajuan yang baik adalah karena penggantian bahan kimia yang disebut CFC yang digunakan dalam lemari es, AC, dan kaleng aerosol tahun 1980-an. Tiga dekade kemudian, kampanye tentang mengganti CFC dengan lebih ramah lingkungan kimia telah menunjukkan hasilnya.

“Ini adalah kemenangan bagi diplomasi dan untuk ilmu pengetahuan dan untuk fakta bahwa kita mampu untuk bekerja sama,” kata ahli kimia Mario Molina, yang memenangkan Hadiah Nobel untuk penelitian ke dalam lapisan ozon.

Penelitian Mario menjadi yang pertama untuk mendeteksi perubahan terukur dalam ukuran lubang pada lapisan ozon. Pada tahun 2006, lubang itu memiliki ukuran terbesar dari 30 juta kilometer persegi. Kali ini, lubang telah menyusut menjadi 20 juta kilometer persegi. Namun, lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk memiliki lubang-benar pulih. Jika orang terus kampanye untuk menyelamatkan lapisan ozon, lubang diprediksi akan benar-benar bisa pulih kembali para tahun 2075.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok