Partai Politik PPP Pecat 15 Pejabatnya

Partai Politik PPP Pecat 15 Pejabat Partai

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma dan 15 anggota dewan eksekutif telah diberhentikan dari posisi mereka, sementara beberapa dari mereka juga telah dihapus sebagai anggota partai.

“Sejalan dengan pemecatan, para pejabat partai yang telah terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), tidak dapat dilantik sebagai legislator pada awal Oktober 2014,” ucap Suryadharma mengatakan kepada pers.

Para anggota dewan partai dan kader-kadernya yang terpilih sebagai anggota legislatif untuk DPR dan dewan legislatif daerah (DPRD) harus menjadi anggota partai politik, menurut Suryadharma Ali.

“Jika pejabat partai yang diberhentikan dari jabatannya dan juga dari keanggotaan, mereka tidak lagi memenuhi syarat untuk dilantik sebagai legislator,” lanjutnya.

Pemberhentian para pejabat partai ini sejalan dengan Surat Keputusan Nomor 1358 / KPTS / DPP / P / IX / 2014 tanggal 12 September 2014.

Suryadharma, mantan menteri urusan agama, yang dinyatakan sebagai tersangka dalam kasus korupsi dana haji oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tiga dari 15 pejabat partai yang dipecat adalah wakil general Emron Pangkapi, Suharso Monoarfa dan Lukman Hakim Saifuddun.

Selain itu, pihak sekretaris jenderal Muhammad Romahurmuziy dan bendahara umum Mahmud Yunus juga dipecat. Enam pejabat lain dipecat dari posisi mereka dari kursi dewan eksekutif yakni, Ermalena Muslim, Reni Marlinawati, Aunur Rofik, Rusli Effendi, Yusroni Yazid, dan Hizbiyah Rohim.

Empat lainnya diberhentikan dari jabatannya sebagai wakil sekretaris jenderal adalah Joko Purwanto, Dini Mentari, Nurmila Muslih dan Dan Siti Maryam Thawil.

Pemecatan dari 15 pejabat PPP terjadi setelah sejumlah anggota dewan partai mengadakan pertemuan pada 09-10 September yang mengakibatkan pemecatan Suryadharma Ali dari jabatannya sebagai ketua umum PPP.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: