Proyek BI Tunjukan Prospek Sederhan Hingga Akhir Tahun

Proyek BI Tunjukan Prospek Sederhan Hingga Akhir Tahun

HarianDepok.com – Bisnis , Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan tetap pada tingkat moderat 5,1-5,5 persen untuk sisa tahun ini.

“Dengan kecenderungan bergerak menuju batas terendah,” ucap Tirta Segara, direktur eksekutif BI untuk komunikasi, kemarin (12/9).

Pertumbuhan sederhana ini sejalan dengan penilaian BI atas melambatnya konsumsi rumah tangga seperti terlihat pada penurunan indeks penjualan ritel dan kendaraan. Di sisi lain, konsumsi pemerintah diperkirakan akan membaik pada kuartal ketiga dan keempat, bersama dengan penyerapan anggaran yang akan menumpuk mendekati akhir tahun.

“Penurunan terjadi pada indeks penjualan ritel dan kendaraan. Selain itu konsumsi pemerintah pada kuartal ketiga dan keempat kami prediksi akan mulao membaik,” sambungnya.

Bank sentral optimistis kinerja investasi akan membaik. Namun, pertumbuhan investasi diperkirakan akan terbatas, dipengaruhi oleh kinerja ekspor minimum karena rendahnya permintaan dari pasar negara berkembang.

Kemarin, dewan gubernur BI memutuskan untuk mempertahankan keyrate-nya (BI Rate) sebesar 7,5 persen. Demikian pula, tingkat suku bunga untuk Fasilitas Peminjaman dan Deposit Facility tidak berubah pada 7,5 persen dan 5,75 persen, di masing-masingnya.

“Dewan juga telah memutuskan mempertahankan rate BI sebesar 7,5 persen, bersama dengan tingkat suku bunga untuk fasilitas peminjaman,” ucap Tirta.

Kebijakan untuk mempertahankan suku bunga dibuat untuk inflasi langsung ke target 3,5-5,5 persen pada tahun 2014, serta menjaga inflasi dalam kisaran tiga sampai lima persen pada tahun 2015.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: