CIA: Jumlah Anggota IS Lebih Besar Dari Perkiraan

CIA: Jumlah Anggota IS Lebih Besar Dari Perkiraan

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Jumlah anggota Negara Islam saat ini diperkirakan mencapai 20.000 sampai 31,500 orang. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan estimasi sebelumnya yang dibuat oleh AS Central Intelligence Agency (CIA).

“Di antara mereka di Suriah terdapat 15.000 pejuang asing termasuk 2.000 orang Barat,” kata seorang pejabat intelijen AS AFP.

CIA mengungkapkan angka satu hari setelah Brack Obama berjanji untuk meningkat serangan terhadap gerakan IS.

“Total baru-baru ini mencerminkan peningkatan anggota karena perekrutan kuat sejak Juni menyusul keberhasilan medan perang dan deklarasi khilafah, aktivitas medan yang lebih besar, dan kecerdasan tambahan,” Ryan Trapani, Juru Bicara CIA, mengatakan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Al Jazeera.

Kelompok Negara Islam telah menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah. Kampanye brutal kelompok ini sudah termasuk pemenggalan dan pembunuhan ratusan anggota kelompok minoritas Irak. Dalam beberapa pekan terakhir, Negara Islam telah merilis video dari dua wartawan Amerika yang dipenggal di Suriah.

AS dan Arab Saudi telah menyepakati untuk membantu pemberontak Suriah dalam memerangi militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Keputusan itu datang setelah percakapan telepon antara Presiden AS Barack Obama dan Raja Saudi Abdullah pada hari Selasa.

“Sekarang apa yang kita miliki adalah komitmen dari Kerajaan Arab Saudi … untuk menjadi mitra penuh dengan kami dalam upaya itu, termasuk dengan hosting yang program pelatihan,” kata seorang pejabat senior AS.

Pemerintah AS ingin pemberontak Suriah memiliki peran dalam memerangi militan ISIS di Suriah. Laporan resmi dari Gedung Putih menyatakan setiap alat pelatihan yang dibutuhkan oleh para pemberontak akan diberikan oleh AS.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok