WHO: 18 Persen Wanita di Asia Selatan Menikah Sebelum Umur 15 Tahun

WHO: 18 Persen Wanita di Asia Selatan Menikah Sebelum Umur 15 Tahun

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Sebuah laporan terbaru oleh PBB dalam bidang Dana Anak-anak (UNICEF) menyatakan bahwa 46 persen dari gadis-gadis Asia Selatan menikah sebelum usia 18 tahun. Daerah tersebut meliputi Bangladesh, Nepal, India dan Sri Lanka, juga menyatakan bahwa 2 juta anak-anak meninggal sebelum usia 15 karena masalah kesehatan, dan bahwa 38 persen anak-anak di wilayah tersebut kekurangan gizi kronis.

“Asia Selatan adalah salah satu tempat paling berisiko untuk hamil dan melahirkan, karena kawasan ini memiliki angka kematian ibu tertinggi kedua di dunia,” kata UNICEF Asia Selatan Direktur Karin Hulshof, pada Jumat, (12/9)

Laporan UNICEF, berjudul “Meningkatkan Kehidupan Anak, Mengubah Masa Depan”, juga mengungkapkan bahwa 18 persen dari gadis-gadis Asia Selatan menikah sebelum mencapai usia 15 tahun. Laporan, yang dirilis untuk merayakan 25 tahun gerakan hak-hak anak di Asia Selatan, juga menyatakan bahwa delapan juta anak belum menerima imunisasi yang diperlukan.

Sejumlah negara telah memberlakukan peraturan progresif dalam rangka untuk memastikan bahwa hak anak atas kesehatan, pendidikan, perlindungan, dan partisipasi dilindungi. Namun, kemiskinan meluas dan meningkatnya kesenjangan sosial antara kelas ekonomi terus merobek anak-anak dari prospek menjalani kehidupan yang bermartabat.

“Meskipun pertumbuhan ekonomi yang pesat di kawasan tersebut, ada perbedaan yang sangat jelas dalam pengobatan anak-anak di wilayah tersebut. Kabar baiknya adalah, kita tahu bagaimana untuk membuat perubahan positif untuk kehidupan anak-anak di Asia Selatan melalui pendekatan yang inovatif, “kata Hulshof.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok