KPK Periksa Satu Saksi Kasus Jero Wacik

KPK Periksa Satu Saksi Kasus Jero Wacik

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Rida Mulyana, direktur umum di bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), telah menjalani pemeriksaan satu jam di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rida diselidiki sebagai saksi untuk Jero Wacik dan ditanya tentang kesaksian yang dia berikan ketika diperiksa sebagai saksi untuk mantan Sekretaris Jenderal ESDM Waryono Karyo.

Rida telah diperiksa sebagai saksi untuk Waryono pada 12 Mei dan 3 Juni 2014. Rida menjelaskan bahwa ia diberi pertanyaan tambahan dalam kaitannya dengan kenalan dan hubungan profesional dengan Jero.

“KPK menanyakan pertanyaan tentang peran saya dan hubungannya dengan Jero Wacik, dan segala macam kegiatannya. Saya juga ditanya apakah saya juga ikut berwisata ke London, dimana yang ia pakai merupakan uang hasil korupsinya itu,” kata Rida kepada awk media.

Oleh karena itu, Rida mengatakan dia tidak menyadari tentang tuduhan pemerasan atau pertemuan fiktif yang diselenggarakan oleh Jero untuk mengumpulkan uang dari anggaran kementerian.

“Saya tidak ingin membela menteri. Dia tidak pernah bertanya apa-apa,” kata Rida.

KPK menetapkan Jero Wacik sebagai tersangka dalam kasus korupsi di Kementerian ESDM yang berpotensi menyebabkan kerugian negara Rp9,9 miliar (US $ 825.000).

Jero Wacik juga dituduh melakukan pemerasan, meminta dana operasional lebih tinggi daripada seharusnya. Sumber mengatakan bahwa uang itu digunakan untuk membiayai pencitraan politiknya dan untuk menonton Olimpiade di London bersama keluarganya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: