Rayakan Ulang Tahun, TNI Bersihkan Sampah di Danau UI Depok

Rayakan Ulang Tahun, TNI Bersihkan Sampah di Danau UI Depok

HarianDepok.com – Berita , Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Gatot Nurmantio memimpin kegiatan untuk merayakan ulang tahun ke-69 operasi militer. Salah satu kegiatannya adalah dengan pembersihan danau timur dan danau yang terletak di Universitas Indonesia (UI), Depok.

“Tolong jangan menaruh sampah di sungai, karena sungai itu tempatnya air, bukan sampah,” kata Gatot, setelah meninjau sampah di danau yang dikumpulkan anggotanya, Jumat (12/9).

Gatot mengatakan, kegiatan membersihkan danau ini akan memakan waktu sampai dua hari. Setelah itu, rencana pembersihan rutin akan dilakukan setiap hari Jumat. Dalam kegiatan ini, TNI menurunkan 3440 personil militer, yang terdiri dari, 100 Brimob, Kopassus 200 orang, dan 600 mahasiswa UI.

Menurut pengamatan, puluhan personil militer menyebar di tepi danau. Mereka memungut sampah, sebagian besar dalam bentuk kemasan plastik. Sementara itu, beberapa staf lain mengambil sampah di tengah danau dengan perahu ban.

Dua mesin alat berat dikerahkan untuk membersihkan danau.

“Sampah-sampah ini mayoritas datang dari pasar. Samah ini hanya kami tampung. Jika semuanya masih terus membuang sampah sembarang, ya percuma kam bersihin setiap hari,” kata Rektor UI, M Anis yang selaludisanding Gatoto selama kegiatan.

Aktivitas kerja bakti itu dimulai dengan aple pagi dengan semua lapisan masyarakat di kota Depok sejak 06.00 WIB. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembersihan pada saat yang sama di berbagai titik di Depok yang telah ditetapkan.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: