9 Calon Jemaah Haji Depok Gagal Berangkat

9 Calon Jemaah Haji Depok Gagal Berangkat

HarianDepok.com – Berita , 19 orang dari 1,234 calon jemaah haji Kota Depok telah membatalkan untuk ikut terbang ke Tanah Suci. Lantaran belum melunasi biaya adimistrasi di tahap 1 dan 4, mereka gagal berangkat.

Kepala Kemenag Depok, Chalik Mawardi mengatakan, pembatalan 19 calon jemaah haji itu terjadi dua hari sebelum keberangkatan pada kloter penerbangan pertama, yaitu pada Senin (9/8) lalu.

Hak ini baru diketahui seseaat setelah dari Kemenag mendata jumlah setoran otomatis oleh semua peserta calon haji yang akan berangkat. Para peserta tersebut adalah dari Kecamatan Sukmajaya sebanyak 9 orang, dan Pancoranmas 10 orang.

“Kami membatalkan perjalanan ke Mekkah. Alasan pengunduran diri tersebut karena memang biaya hajinya belum lunas. Kami terpaksa mencoret daftar peserta. Tentu saja kami kaget, kami berpikir bahwa kuota tersebut disetujui oleh semua, tapi ternyata ada yang mengundurkan diri,” katanya kepada awak media di kantornya, Jumat (12/9).

Chalik, mengatakan ada beberapa alasan, dari 19 calon haji yang telah membatalkan keberangkatan karena biaya tersebut tidak dibayar. Di antara mereka, dana yang tidak terpakai diadakan karena sakit dan harus dirawat di rumah sakit swasta. Lalu ada kendaraan yang digunakan untuk membayar hipotek dan sebagainya.

Chalik juga menambhakan para peserta calon haji yang mengundurkan diri karena belum menyerahkan pembayaran ongkos naik haji itu, tidak secara langsung dicoret dari kepesertaan.

“Tapi tentu saja kami selalu memberikan toleransi kepada 19 calon haji untuk berpartisipasi dalam ibadah haji lagi,” pungkasnya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)