BI Pertahankan Suku Bunga Acuan 7,5 Persen

BI Pertahankan Suku Bunga Acuan 7,5 Persen

HarianDepok.com – Bisnis , Bank Indonesia memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan sebesar 7,5 persen pada rapat dewan gubernur pada Kamis, 11 September 2014. Pertemuan juga telah memutuskan bahwa suku bunga fasilitas pinjaman dan fasilitas penyimpanan untuk tetap di 7,50 persen dan 5,75 persen, pada masing-masing fasilitas.

Direktur eksekutif departemen komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara mengatakan kebijakan itu konsisten dengan upaya menjaga tingkat inflasi sebesar 4,5 persen, plus minus satu persen pada tahun 2014; dan 4 persen, plus minus satu persen pada tahun 2015.

“Selain itu, kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi defisit transaksi berjalan,” ucap Tira dalam konferensi pers pada Kamis, 11 September 2014.

Namun, Tirta mengatakan, ada beberapa risiko untuk mengantisipasi ditimbulkan oleh faktor eksternal dan domestik, yang berpotensi akan menghambat pencapaian sasaran inflasi dan peningkatan kinerja transaksi berjalan.

“Ya tentu ini masih terus dilakukan pembenahan, dan tidak selesai disini saja. Kami masih mempertimbangkan kebijakan tersebut,” sambung Tira.

David Sumual, Ekonom Bank Central Asia, mengatakan kebijakan BI untuk mempertahankan suku bunga acuan interenst didukung oleh target inflasi yang realistis. Selain itu, defisit transaksi berjalan telah memaksa BI untuk melanjutkan kebijakan moneter ketat hingga akhir tahun ini.

Terakhir kali BI menaikkan suku bunga acuan berada di November 2013, dari 7,25 persen menjadi 7,5 persen.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok