Pyongyang Deportasi Satu Lagi Warga Korea Selatan

Pyongyang Deportasi Satu Lagi Warga Korea Selatan

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Pada Kamis, September 11, 2014, pemerintah Korea Utara memulangkan seorang pria Korea Selatan yang telah memasuki Korea Utara secara illegal. Pria dengan usia 52 tahun tersebut diketahui bernama Kim Sang-Gun, dan telah diserahkan kembali ke desa Panmunjom dekat perbatasan.

Kunjungan tanpa izin ke Korea Utara adalah pelanggaran hukum keamanan nasional Korea Selatan. Dengan demikian, Kim menghadapi kemungkinan penangkapan oleh otoritas Korea Selatan dan dapat dialyani dalam beberapa waktu di penjara.

Kementerian Korea Selatan Unifikasi mengatakan bahwa pria itu sedang diinterogasi oleh petugas keamanan.

Media milik negara Korea Utara KCNA melaporkan bahwa Kim memutuskan untuk menetap di Korea Utara secara ilegal melalui negara ketiga, setelah menemukan sulit untuk memenuhi kebutuhan di Korea Selatan.

Kantor berita itu tidak mengatakan kapan atau di mana Kim melintasi perbatasan, dan tidak memberikan alasan mengapa Korea Utara dipilihnya untuk menetap.

Sekitar 26.000 warga Korea Utara telah melarikan diri ke Korea Selatan sejak Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada tahun 1953, tetapi kasus yang jarang terjadi dari Korea Selatan melarikan diri ke Utara juga telah dilaporkan.

Di masa lalu, pembelot dari Korea Selatan biasanya diperbolehkan untuk tinggal di Korea Utara. Namun, dalam sebuah langkah yang tidak biasa Pyongyang mendeportasi enam warga Korea Selatan yang telah memasuki Korea Utara secara ilegal antara tahun 2009-2012.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: