Jokowi-JK Siap Revitalisasi 1.000 Rumah Milik Nelayan

Jokowi-JK Siap Revitalisasi 1.000 Rumah Milik Nelayan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Presiden terpilih Joko Widodo dan pasangannya Jusuf Kalla, berencana melakukan perombakan pada 1.000 rumah milik nelayan. Menurut Hasto Kristiyanto, wakil kepala tim transisi Jokowi itu, keputusan itu datang setelah satu kejutan inspeksi Jokowi ini.

Hasto mengatakan rencana Jokowi untuk merubah pemukiman nelayan direalisasikan, mengingat fakta bahwa Jokowi telah berhasil merevitalisasi Pluit Reservoir di Jakarta Utara.

“Dana Corporate social responsibility (CSR) yang terlibat dalam proyek Pluit Reservoir cukup besar,” kata Hasto di Jakarta, (11/9).

Untuk mendukung upaya tersebut, Jokowi akan mengeluarkan instruksi presiden untuk memesan BUMN dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membuka cabang di daerah, untuk memastikan bahwa nelayan setempat akan memiliki akses ke layanan kredit. Menurut Hasto, perusahaan minyak dan gas milik Pertamina juga akan diperintahkan untuk membangun stasiun pompa diesel dan memberikan converter kit gas sebagai bagian dari kegiatan CSR.

“Dana CSR itu akan kami alokasikan ke beberapa sector di pemukiman tersebut. Nanitnya aka nada Bank BRI disana, juga pom bensin untuk disel agar memudahkan para nelayan dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan hal tersebut,” sambung Hasto.

Revitalisasi desa nelayan akan dilakukan menurut sensus perumahan terbaru.

“Proyek ini tidak hanya akan dibiayai melalui dana CSR, tetapi juga APBN. Yang harus kita lakukan adalah berkomitmen untuk membangun itu,” kata Hasto.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: