Siswa SMP dan SMA Se-Kota Depok Jalani Pemeriksaan Urine

Siswa SMP dan SMA Se-Kota Depok Jalani Pemeriksaan Urine

HarianDepok.com – Berita , Antisipasi dalam pendistribusian dan penggunaan narkoba di kalangan pelajar, Badan Nasional Narkotika Kota Depok mengajak OSIS di tiap sekolah dengan kegiatan FGD (Focus Group Discussion), penyuluhan soal pencegahan Narkotika. Hal ini pun dialakukan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang jauh dari kata Narkotika dan obat-obatan.

Pembekalan materi sosialisasi P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) diberikan kepada para pelajar SMP serta SMA di seluruh Kota Depok.

Rudy Hartono sebagai Kepala BNN Kota Depok mengatakan bahwa kalangan pelajar adalah salah satu tempat subur bagi peredaran dan penggunaan narkoba, terutama jenis ganja.

“Data dari Kepolisian Resort Depok, soal penyalahgunaan narkotika di Depok dari tahun 2010 hingga sekarang cenderung meningkat. Untuk kalangan pelajar berdasarkan riset yang dilakukan BNN Depok, sebanyak 6 siswa dari 100 pelajar atau mahasiswa di Depok telah menyalahgunakan narkotika,” ucapnya.

Sementara kepala dinas pemberdayaan masyarakat (Kasi Dayamas) BNN Depok, Dr.Rubiianto mengatakan selain memberikan sosialisasi P4GN, pihaknya juga akan melakukan tes urine dan memastikan tak ada pelajar yang menggunakan narkotika.

“Kalau ada yang positif menggunakan narkotika, kita akan segera melakukan tindakan rehabilitasi untuk menyembuhkannya dari ketergantungan. Kami tidak akan memprosesnya secara hukum, karena bagi kami semua pengguna narkotika memang harus di rebilitasi. Namun bagi pengedar tentu saja harus diproses secara hukum yang ada,” ucapnya.

.[MuhammadKhotib/HD]

Tags: