Bappenas Siapkan Strategi Untuk Kurangi Biaya Logistik

Bappenas Siapkan Strategi Untuk Kurangi Biaya Logistik

HarianDepok.com – Bisnis , Dewan Perencanaan Pembangunan (Bappenas) investasi dan direktur kerja sama ekonomi internasional Amalia Adininggar Widiyasanti menggambarkan sejumlah rekomendasi jangka panjang untuk mengurangi biaya logistik yang dianggap tidak efisien.

“Strategi pertama adalah mengembangkan dan meningkatkan infrastruktur terutama jalan dan manajemen pelabuhan,” kata Amalia, Rabu (11/9).

Berikutnya adalah penegakan hukum terutama menyangkut biaya informal dan meminimalkan kebijakan yang berkontribusi terhadap biaya ekonomi tinggi termasuk inout biaya logistik.

Amalia mengatakan daya saing infrastruktur saat ini masih sangat rendah, tercermin dalam kondisi jalan yang buruk yang berbahaya terutama dengan kemacetan lalu lintas yang tinggi.

Dia melanjutkan dengan mengatakan manajemen pelabuhan tidak optimal, yang dapat dilihat dari waktu bongkar kapal yang sangat lama dan bisa memakan waktu delapan hari seperti di pelabuhan Tanjung Priok.

“Waktu bongkar muat di sini adalah lebih lama dari waktu bongkar muat di Thailand yang lima hari dan Singapura 1-2 hari saja, harus ada perbaikan dan manajemen di setiap pelabuhan di Indonesia. Ini tentu saja sangat berhubungan dengan efesiensi,” katanya.

Dia menambahkan bahwa berdasarkan penelitian oleh Institut Ekonomi dan Masyarakat tahun 2005 tentang logistik inefisiensi dalam industri ekspor, biaya logistik keluar dari 4.04 persen hampir setengah dari biaya logistik yang masuk dari 7.22 persen.

“Tahun 2005 biaya logistik keluar dari 4.04 persen hampir setengah dari biaya logistik yang masuk dari 7.22 persen,” tukasnya.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: