Jusuf Kalla Akan Berikan Kompensasi Jika BBM Naik

Jusuf Kalla Akan Berikan Kompensasi Jika BBM Naik

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla mengatakan pemerintah Joko Widodo yang akan memberikan orang-orang miskin dengan kompensasi jika harga BBM dinaikkan oleh pemerintah baru. JK mengatakan kompensasi bisa dalam bentuk bantuan langsung tunai atau dalam bentuk lain.

“Tentunya akan ada kompensasi, kami belum tahu bagaimana proses dan bentuknya,” kata JK pada Rabu, (10/9), setelah menghadiri ulang tahun ke-58 dari Universitas Hassanuddin di Makassar.

Menurut JK, kenaikan harga BBM bertujuan untuk mentransfer subsidi dari konsumtif ke sektor produktif.

“Tujuannya sudah jelas, untuk mengalihkan subsidi ke sector produktif di negeri ini. langkah ini memang harus dilakukan, kami paham banyak masyarakat yang kurang setuju, namun ini kedepannya ini akan menjadi sesuatu yang lebih baik, bukan untuk sekarang saja. Lagi pula, aka nada kompensasi nantinya bagi masyarakat yang kurang mampu,” sambungnya.

Pada 27 Agustus 2014 presiden terpilih Joko ” Widodo sedang dalam pembicaraan dengan Presiden Bambang Yudhoyono. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi meminta Presiden Susilo untuk meningkatkan harga BBM, namun permintaan itu kemudian ditolak.

Dalam APBN-P 2014, pemerintah mengurangi kuota BBM bersubsidi dari 48 juta kiloliter menjadi 46 juta kiloliter sebagai upaya untuk mengendalikan konsumsi bahan bakar tahun ini. Langkah tersebut diambil karena kuota yang tersisa tahun ini menyusut menjadi 10 juta kiloliter untuk premium dan 5,5 juta kiloliter untuk solar.

[IrmaWulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer