Jero Wacik Siap Dapatkan Masa Tahanan Selama 20 Tahun

Jero Wacik Siap Dapatkan Masa Tahanan 20 Tahun

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) layak diberikan pujian dalam tekadnya mendakwa Jero Wacik. Menteri energi dan sumber daya mineral akan menghadapi hukuman maksimum 20 tahun penjara jika ia terbukti bersalah di bawah klausa pemerasan terhadap Undang-undang Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Jero juga diduga menyalahgunakan wewenangnya dengan memeras uang dari beberapa orang penyediaan energi. Tindakan ilegal itu diperkirakan telah menelan biaya bangsa Rp9,9 miliar.

Jero, yang juga sekretaris Dewan Tertinggi Partai Demokrat, telah lama dicurigai terlibat dalam kegiatan korupsi dalam pelayanannya. Dia sempat membantah pada beberapa kesempatan. Kecurigaan ini diperkuat setelah KPK menyelidiki keterlibatan Kementerian Energi Sekretaris Jenderal Waryono Karno, dalam kasus yang sama.

Mendakwa Jero sebagai tersangka merupakan tambahan untuk daftar anggota kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terlibat dalam korupsi saat di kantor. KPK sebelumnya telah menahan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng untuk terlibat dalam kompleks olahraga Hambalang dan kemudian Menteri Agama Suryadharma Ali untuk korupsi dana haji.

Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Republik ini bahwa tiga menteri dari satu kabinet didakwa dengan korupsi saat masih di kantor. Andi dan Jero keduanya dari Partai Demokrat, yang dipimpin oleh Yudhoyono. Suryadharma adalah dari Partai Persatuan Pembangunan, anggota koalisi presiden.

Sebuah sistem tata kelola yang baik harus diletakkan di tempat untuk mencegah pejabat publik dari menyembunyikan perilaku bengkok mereka. Kata kuncinya adalah transparansi. Meminta menteri untuk menandatangani pakta integritas adalah ide yang baik, tetapi yang lebih penting tidak menutup mata terhadap praktik korupsi kabinet menteri atas nama kepentingan pribadi atau orang-orang dari partai pendukung

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: