Chairul Tanjung Siap Gantikan Posisi Jero Wacik

Chairul Tanjung Siap Gantikan Pos Jero Wacik

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan bahwa Menko Perekonomian Chairul Tanjung juga akan berfungsi sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menggantikan Jero Wacik.

Pos untuk Menteri ESDM saat ini kosong karena Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Jero Wacik sebagai tersangka pemerasan dan penyalahgunaan wewenang yang mengakibatkan penyalahgunaan dana senilai Rp9,9 miliar. Jero sendiri telah menyampaikan surat pengunduran dirinya kepada Presiden SBY pada hari Jumat.

Pos itu sendiri akan diberikan kepada Menteri magang iklan, dimana Jero seharusnya terpilih sebagai anggota parlemen. Selain ESDM, beberapa menteri lainnya untuk memberikan pos mereka untuk iklan magang karena hal serupa seperti Menteri UKM dan Koperasi, Menteri Agama Affair, dan Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi.

Jero dipanggil KPK karena diduga terlibat dalam korupsi yang luas di kementerian, pada periode 2011-2014. KPK telah meluncurkan penyelidikan soal dugaan korupsi pada sejumlah proyek negara bernilai miliaran rupiah di kantor Jero ini.

Dugaan keterlibatan Jero dalam suap yang muncul pada bulan Agustus tahun lalu ketika penyidik ??KPK menemukan US $ 200.000 secara tunai di kantor kementerian sekretaris jenderal, Waryono Karno.

Para petugas KPK menduga bahwa uang tersebut adalah bagian dari suap.

Dalam penyelidikan sebelumnya, Jero mengatakan bahwa dia tidak tahu apa-apa tentang uang tunai. Dan kini ia bersaksi bahwa telah melakukan korupsi.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: