Ketua FPI Depok Setuju Larangan Pembangunan Tugu Chastelein

Ketua FPI Depok Setuju Larangan Pembangunan Tugu Chastelein

HarianDepok.com – Berita , Ketua Front Pembela Islam (FPI) Depok, Habib Idrus Al Gadri sangat mendukung langkah pemerintah dukungan Pemkot Depok yang tidak memberikan izin Yayasan Lembaga Chastelein Cornelis (YLCC) dalam melanjutkan pembangunan monumen Chastelein.

“Mereka perlu menyadari bahwa sebagian besar Depok adalah beragama Islam. Saya mau Pemkot Depok tak memberikan izin,” kata Idrus, Senin (8/9).

Pemerintah Kota Depok setuju dengan alasan yang diberikan oleh Idrus. Mengenai keberadaan monument yang dapat menyebabkan konflik antar umat beragama di Depok. Hal ini bisa saja terjadi, sebab Depok masih banyak yang beragama Islam.

“Meskipun tulisan tersebut tidak ada, saya masih berharap bahwa tak monumen di sana, ini dapat memecah belah Depok. Kita bicara soal persatuan,” katanya, yang mengatakan bahwa akan menjadi salah satu calon untuk pemilihan walikota Depok di 2015 mendatang.

Pada monumen, ada kutipan dari Chastelein yang berbunyi “Mijn intentie is dat te Depok mettertijd een fraale Christenbevolking groele.”

Yang menurut salah satu pengurus YLCC kalimat itu memiliki terjemahan, “Harapan saya kelak Depok jadi masyarakat Kristen yang sejahtera.”

“Langkah Pemkot Depok memang sangat baik, tentu saja saya setuju,” ucap Idris.

Sementara dari pandangan JJ Rizal seorang Sejarawan alumni UI mengatakan bahwa langkah Pemkot Depok itu terkesan arogan dan aneh.

“Kita ini seperti di giring ke satu agama saja,” ucap JJ Rizal beberapa waktu lalu.

[IrmaWulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer