Pembunuh Steven Sotloff Mirip Aktor Hollywood

Pembunuh Steven Sotloff Mirip Aktor Hollywood

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Al Jazeera telah meminta maaf setelah menerbitkan sebuah cerita yang menunjukkan pemenggalan wartawan AS James Foley dan Steven Sotloff yang palsu.

Artikel yang ditampilkan di Al Jazeera Arab, jaringan adik dari Al Jazeera English, mengklaim video pembunuhan yang “tidak meyakinkan” dan Foley sedang memberikan “pertunjukan teater”.

Artikel ini mengklaim video dipentaskan untuk membenarkan perang di Suriah oleh Barat.

Artikel tersebut juga mengklaim bahwa Foley mungkin tidak pernah diculik oleh militan Isis dan mempertanyakan apakah itu dia yang muncul dalam video grafis.

“Foley telah memainkan peran seorang juara bukan korban saja, karena ia membacakan sebuah pernyataan panjang di pertunjukan teaternya, dan tampak gerakan matanya bahwa ia sedang membaca teks dari autocue,” kata artikel tersebut.

Ia menambahkan pria bertopeng yang difilmkan bersama Foley, yang dikenal sebagai Jihad John, tidak memiliki fitur tokoh jihad pada umumnya, tetapi malah “agak mirip dengan aktor Hollywood”.

Managing director Al Jazeera, Yasser Abu Hilalah, mengatakan: “situs Al Jazeera Arab memutuskan untuk menarik kembali sebuah artikel yang tidak akurat yang mempertanyakan legitimasi Foley dan Sotloff dalam pemenggalan video ini setelah teori muncul di sejumlah situs media sosial Amerika mengklaim mereka diproduksi sebagai dalih menjelang invasi AS ke Suriah.

Sebuah perusahaan ilmu forensik yang bekerja dengan polisi Inggris sebelumnya menyarankan eksekusi mungkin telah dipentaskan dan eksekusi mungkin telah terjadi dari kamera.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: