Asteroid Sebesar Rumah Nyaris Dekati Bumi Senin Pagi

Asteroid Sebesar Rumah Nyaris Dekati Bumi Senin Pagi

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Asteroid yang memiliki ukuran sebesar rumah, yang baru ditemukan akan melewati dekat Bumi pada hari Minggu, melewati komunikasi satelit yang mengelilingi planet ini. Meskipun melintasi seluruh Indonesia, asteroid ini tak berdampak apa pun.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan bahwa asteroid yang dikenal sebagai 2014 RC tidak berbahaya, meskipun jarak terdekat akan hanya sepersepuluh dari jarak ke bulan, atau sekitar 25.000 mil (40.000 kilometer) dari Bumi.

Satelit komunikasi sekarang sering ditemukan di orbit sekitar 22.000 mil (36.000 km) di atas planet ini.

“Bahkan jika objek langit tampaknya tidak menimbulkan ancaman bagi Bumi atau satelit, kedekatan menciptakan kesempatan yang unik bagi para peneliti untuk mengamati dan belajar tentang asteroid,” kata NASA dalam sebuah pernyataan.

Dengan diameter sekitar 60 meter (18 kaki), 2014RC asteroid akan terlalu redup untuk dilihat dengan mata telanjang, tetapi pengamat bintang amatir dengan teleskop kecil akan dapat melihat sekilas ketika asteroid berlalu, kata NASA.

Menurut agen, 2014RC asteroid akan mencapai jarak terdekat dengan Bumi saat melintasi Selandia Baru pada hari Senin pukul 06:18 dan Minggu pukul 02:18 GMT.

Asteroid 2014 RC sedikit lebih kecil dari asteroid berdiameter 65 kaki (20 meter), yang meledak di Chelyabinsk, Rusia, tahun lalu.

NASA kini tengah memantau lebih dari 11 ribu asteroid yang melayang relatif dekat dengan Bumi.

Tags:
author

Author: