AS Desak Indonesia Selesaikan Kasus Kematian Munir

AS Desak Indonesia Selesaikan Kasus Kematian Munir

HarianDepok.com – Berita – Nasional , AS mendukung semua upaya yang diperlukan untuk membawa orang-orang yang memerintahkan pembunuhan almarhum pembela HAM Munir Said Thalib untuk diadili, menurut Menteri Luar Negeri AS John Kerry.

Dalam pernyataan untuk memperingati ulang tahun ke-10 pembunuhan Munir pada 6 September, Kerry mengatakan bahwa keadilan belum disajikan dalam kasus Munir.

“Sepuluh tahun yang lalu hari ini seseorang membunuhnya karena mereka takut,” kata Kerry dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di situs pemerintah AS.

Dia juga ingat janji yang dibuat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun di kantornya sejak tahun 2004 untuk menyelesaikan pembunuhan.

“Yudhoyono mengakui bahwa resolusi kredibel kasus pembunuhan Munir akan menjadi ujian utama demokrasi Indonesia,” katanya.

“Munir adalah suara hati nurani dan kejelasan. Dia mengilhami generasi aktivis, ulama, dan pegawai negeri yang saat ini mengubah Indonesia. Ia menghabiskan hidupnya bekerja untuk membuat negaranya lebih demokratis, lebih bebas, dan lebih manusiawi,” kata Kerry.

Munir adalah aktivis Hak Asasi Manusia diantara puluhan aktivis yang telah mengalami penghilangan paksa pada bulan-bulan terakhir pemerintahan Soeharto pada tahun 1998. Dia juga memainkan peran penting dalam mengungkap bukti tanggung jawab militer atas pelanggaran HAM di Aceh dan kemudian Timor Timur (sekarang Timor Leste).

Munir meninggal di penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta ke Amsterdam pada 7 September 2004 Autopsi dilakukan oleh pemerintah Belanda menunjukkan bahwa ia meninggal akibat keracunan arsenik. Meskipun tiga staf Garuda yang dihukum karena pembunuhan itu, ada dugaan kuat bahwa mereka yang bertanggung jawab berada di tingkat tertinggi pemerintahan.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: