Dahlan Iskan No Coment Soal Jero Wacik

Dahlan Iskan No Coment Soal Jero Wacik

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan telah menjelaskan sikapnya untuk menjauhkan diri dari intervensi dan mengomentari kasus korupsi, di mana Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik telah diduga terlibat kasus korupsi.

“Sebagai sesama Menteri, tentu saja, saya sangat prihatin tentang hal itu. Tapi saya tidak boleh mencampuri itu,” Dahlan Iskan menyatakan di Jakarta, Senin (8/9).

Menurut Dahlan, sebagai menteri BUMN, dia tidak ingin terpengaruh oleh segala bentuk intervensi.

“Tidak boleh ada permintaan dari bos meskipun hal itu berkaitan dengan uang,” kata Dahlan.

Menteri Energi Jero Wacik telah terlibat sebagai tersangka dalam kasus korupsi di Jakarta, Rabu atas tuduhan perannya dalam pemerasan yang dilakukan selama masa pelayanannya pada tahun 2011-2012.

“Memang, perintah telah dikeluarkan pada tanggal 2 September 2014, mengenai investigasi terhadap tersangka Jero Wacik sehubungan dengan pelanggaran Pasal 12 e atau Pasal 23 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 dan Pasal 421 KUHP,” Zulkarnain, wakil ketua KPK, mengumumkan di sebuah konferensi pers.

Menurut Pasal 12 ayat e, seorang pejabat negara yang bertindak secara ilegal membuat keuntungan untuk dirinya sendiri atau orang lain atau yang menyalahgunakan untuk memaksa orang lain memberikan sesuatu atau membayar untuk kebaikan adalah pemerasan.

Siapapun yang terbukti bersalah melanggar hukum mungkin menghadapi hukuman penjara 20 tahun dan denda paling banyak Rp. 1 miliar.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: